Tuesday, April 5, 2016

Cara Meningkatkan Daya Tahan pada Tubuh

Cuaca memang susah untuk diprediksi terkadang panas dan terkadang mendung, Ini dikarenakan berbagai faktor yang dapat menyebabkan cuaca suka berubah-ubah seperti efek rumah kaca yang terjadi. Semakin banyak polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan, asap pabrik, dan asap lain yang mengandung karbonmonoksida dapat menyebabkan lapisan ozon untuk melindungi bumi semakin menipis. Hal ini tentunya akan menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Karena cuaca yang berubah-ubah dan sulit untuk diprediksi akan menyebabkan tubuh kita akan mudah untuk terserang berbagai macam penyakit seperti flu atau juga batuk. Nah untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik. Denan sistem imun yang baik maka tubuh akan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Untuk meningkatkan daya tahan pada tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pada pembahasannya berikut ini!

Berikut Cara dalam Meningkatkan Daya Tahan pada Tubuh

Cukupi Minum Air Putih

Cara dalam meningkatkan daya tahan tubuh yang pertama adalah dengan mencukupi minum air putih. Air putih memang berperan penting dalam menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Apabila tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terkena berbagai masalah penyakit. Dengan mencukupi kebutuhan minum air akan membantu dalam membuang toxin pada tubuh. Kekurangan air bisa menyebabkan berbagai masalah seperti cepat stres, migrain, sakit kepala, dan juga kelelahan. Nah untuk itu cukupi dengan minum air putih paling tidak sebanyak 8 gelas dalam sehari.

Konsumsi Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Cara dalam meningkatkan daya tahan pada tubuh berikutnya adalah konsumsi buah dan sayur-sayuran. Kedua sumber makanan tersebut sangat baik untuk tubuh dikarenakan mengandung nutrisi dan vitamin yang penting untuk tubuh. Selain itu buah buahan dan sayuran mengandung antioksidan alami yang baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Untuk sayuran Anda bisa memasaknya, namun perlu diketahui juga bahwa memasak sayuran sebaiknya jangan terlalu lama untuk menghindari hilangnya kandungan nutrisi di dalamnya. Sedangkan untuk jenis buah buahan bisa Anda konsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus terlebih dahulu.

Mengonsumsi Ikan

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi ikan. Untuk jenis ikan Anda bisa mencoba mengonsumsi ikan salmon, tuna, atau jenis ikan lain. Ikan tuna maupun ikan salmon mengandung asam lemak mega 3 yang memiliki fungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan membantu dalam menjaga kebugaran pada tubuh. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon paling tidak selam dua kali dalam seminggu guna membantu menjaga daya tahan pada tubuh.

Mengonsumsi Madu

Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa madu memiliki kandungan nutrisi serta banyak manfaat yang dimiliki. Madu memiliki ciri khas seperti rasanya yang manis alami sehingga sering dicampurkan ke dalam makanan atau juga minuman sebagai pemanis alami. Madu memiliki manfaat untuk antiseptik. Selain itu madu juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Di samping itu madu juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah seperti alergi, asma, sampai dengan membantu menjaga kesehatan kulit.

Demikianlah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan daya tahan pada tubuh. Untuk cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh lain bisa dengan cara mengonsumsi jenis jamur yang bisa dikonsumsi, mengonsumsi daging yang kaya akan protein, berolahraga secara teratur, dan juga tidur yang cukup.

Baca

No comments:

Post a Comment