Monday, April 11, 2016

Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja


Smartphone merupakan perangkat elektronik yang sangat populer di kalangan masyarakat. Pasalnya keberadaan smartphone hampir tak bisa dipisahkan di kalangan masyarakat. Ini dikarenakan kegunaan dari smartphone yang tak hanya digunakan untuk alat komunikasi, melainkan banyak hal seperti bermain game secara gratis, bemain aplikasi, menonton video, mendengarkan musik, browsing internet, dan aktivitas lainnya.

Secara umum keberadaan dari smartphone pastinya akan memudahkan dalam aktivitas seharian. Dengan perkembangan teknologi ini pastinya keberadaan smartphone akan membantu memudahkan hidup banyak orang. Namun tanpa disadari apabila penggunaan smartphone secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi siapa saja. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa dampak buruk smartphone di kalangan remaja.

Berikut Beberapa Dampak Buruk Smartphone di Kalangan Remaja

Penglihatan Menjadi terganggu

Dampak smartphone di kalangan remaja apabila terlalu berlebihan dalam menggunakannya adalah penglihatan menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan smartphone terlalu lama mata akan menjadi lebih lelah karena terus bertatap pada layar smartphone. Selain itu pengguna smartphone menggunakannya sambil tiduran atau dalam kondisi ruangan yang kurang akan cahaya. Hal ini pastinya akan mengganggu proses penglihatan. Lama kelamaan akan mengganggu proses mata menjadi minus. Nah oleh sebab itu untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk tidak menggunakan smartphone secara berlebihan.

Sakit Kepala

Dampak buruk smartphone di kalangan remaja berikutnya adalah dapat menyebabkan sakit kepala. Skait kepala tidak hanya disebabkan karena masalah insomnia saja, melainkan juga dapat disebabkan karena penggunaan smartphone secara berlebihan. Banyak kalangan remaja yang saat ini sudah memiliki smartphone. Bagi Anda yang sering merasa sakit kepala, mungkin dapat disebabkan karena penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama. Selain merasa pusing, penggunaan smartphone terlalu lama juga dapat menyebabkan mata menjadi lebih lelah.

Mengganggu Sistem Pendengaran

Dampak buruk smartphone jika terlalu berlebihan berikutnya adalah mengganggu sistem pendengaran. Banyak kalangan pengguna yang menggunakan smartphone milik mereka untuk keperluan menonton video sekaligus mendengarkan musik. Biasanya untuk mendengarkan musik atau menonton video kebanyakan pengguna sering menggunakan earphone dengan volume kencang. Apabila dilakukan secara berlebihan dan terus menerus pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan pendengaran.

Kelainan pada Postur Tubuh

Usia remaja merupakan usia dimana pertumbuhan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Selain itu usia remaja sendiri sangat gampang sekali untuk merasa senang akan sesuatu tidak terkecuali untuk memainkan sebuah smartphine. Semakin asik bermain smartphone, bahkan pengguna sampai lupa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sekaligus. Padahal hal tersebut tak baik untuk tubuh karena dapat bepengaruh pada postur tubuh. Dampak buruk dari bermain smartphone terlalu lama bagi postur adalah kemungkinan tubuh kurang tegap atau disebut dengan bungkuk.

Mengurangi Interaksi Sosial

Dampak buruk berikutnya adalah mengurangi interaksi sosial. Ketika seseorang menggunakan smartphone, mereka lebih kurang memperdulikan lingkungan dan orang lain. Hal ini dikareanakan mereka tengah asik bermain dengan perangkat smartphone. Padahal hal tersebut pastinya tak baik bagi diri sendiri. Kurang interaksi sosial akan cenderung kurang memiliki banyak teman. Nah untuk itu sebaiknya bersosialisasi dengan orang lain perlu dengan mengontrol penggunaan dari smartphone.

Untuk dampak buruk lain dari penggunaan smartphone berlebihan lainnya seperti mempertumpul ingatan seseorang, dapat menyebabkan gangguan akan kecanduan, dapat menyebabkan obessitas, dan dampak buruk lainnya.

Baca

No comments:

Post a Comment